Tips Menghadapi Lomba Lintas Alam

Bagi penggemar lomba lintas alam sangat layak untuk disimak jika anda merencanakan untuk mengikuti lintas alam dalam waktu dekat, Bersyukurlah, Indonesia memiliki banyak event lintas alam. Selain memacu adrenalin, keindahan bentangan panorama di jalur lintas alam jadi daya tarik tiada dua. Oleh sebab itu, tak sedikit penikmat alam yang menghabiskan waktu liburan untuk naik menjajal track alam. Simak perlengkapan dan pembekalannya dibawah ini.

Keberhasilan sebuah kegiatan alam bebas juga ditentukan oleh perlengkapan dan perbekalan yang sesuai dan cukup. Perlengkapan dan perbekalan yang dibutuhkan untuk kegiatan mungkin akan sedikit berbeda di setiap eventnya. Begitu juga kebutuhan perlengkapan bagi tiap-tiap individu juga akan berbeda-beda.

Dalam merencanakan kebutuhan perlengkapan dan perbekalan, yang perlu diperhatikan adalah :
• Jenis medan yang akan dihadapi
• Tujuan kegiatan
• Lamanya kegiatan

Perlengkapan dasar adalah perlengkapan yang sebaiknya harus ada, seperti :

1. Sepatu
Trekking boot merupakan hal yang wajib jika kita ingin menghadapi medan gunung hutan. Selain sebagai alas yang membantu kenyamanan berjalan, sepatu juga menjadi pelindung kaki. Sepatu combat boot atau sepatu trekking merupakan jenis sepatu yang cukup baik untuk menghadapi medan ini.

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu adalah :

• Kuat, sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki
• Melindungi jari, alas kaki, sendi, dan mata kaki
• Memiliki bentuk sol yang dapat menggigit ke segala arah
• Nyaman dipakai

2. Kaus Kaki
Selain sebagai perlengkapan sepatu agar kulit tidak bergesekan langsung dengan sepatu, kaus kaki juga dapat digunakan untuk menjaga suhu kaki agar tetap stabil dalam menghadapi suhu yang ekstrim. Harap di ingat, “kaus kaki harus selalu kering”.

3. Pakaian Perjalanan
Pada medan gunung dan hutan, pakaian yang sebaiknya digunakan adalah pakaian yang dapat melindungi seluruh tubuh dari kemungkinan cidera akibat duri atau tumbuhan beracun. Penggunaan celana dan baju panjang dari bahan katun yang kuat sangat dianjurkan. Selain mampu melindungi kulit, pakaian sebaiknya juga tidak mengganggu gerakan tubuh. Pakaian tambahan seperti topi, sarung tangan dan ikat pinggang sebaiknya dipilih dari bahan yang kuat dan ringan.

4. Ransel/Carrier atau Daypack
Ransel yang ringan, kuat dan nyaman dipakai merupakan pilihan terbaik untuk membawa perlengkapan dan logistik dalam kegiatan. Harga yang mahal bukanlah jaminan. Pilihlah ransel yang bentuk dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan tubuh.

5. Makanan dan Minuman
Makanan yang dimaksud bukan makanan seperti mie instant, nasi dan semacamnya. Bukan kenyang atau banyaknya porsi yang dimakan ketika sedang berisitrahat saat lintas alam, melainkan hitunglah kalorinya!

Kebanyakan orang Indonesia salah mindset, kalau makan harus kenyang dan banyak. Padahal kalau makan sampai kenyang, gerakan jadi lambat karena tubuh harus istirahat dulu mencernanya.

Oleh sebab itu, bawalah makanan seperti energy bar dan cokelat yang bentuknya kecil dan tidak mengenyangkan, namun sudah memberikan cukup kalori. Badan pun bisa lanjut treking tanpa harus beristirahat lama-lama.

Lima energy bar saja, sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan kalori dan kalorinya lebih banyak dari satu bungkus indomie. Kadang kalau sudah lapar, kita bawaannya harus makan dan makan nasi, padahal sebaiknya jangan begitu.

Saat anda sudah merasa lelah ataupun letih segeralah untuk minum secukupnya. Minum air putih selama penjelajahan sangatlah wajib, guna penghilang rasa dahaga saat perjalanan. Cara yang tepat minumlah 2 hingga 3 teguk air putih. Setidaknya minum air putih dapat membasahi tenggorokan anda. Ingatlah bahwa saat perjalanan persediaan air minum anda pasti terbatas.

6. Pelajari tempat yang dituju
Harus pelajari dulu tempat yang dituju untuk lintas alam. Berapa jarak tiap posnya, kondisi medannya dan lain-lain.

Dengan mempelajari destinasi yang akan dituju, kita jadi mendapat gambaran tentang apa-apa saja tantangan yang akan ditemui. Kita pun bisa mempersiapkan perlengkapan sebaik mungkin, terutama juga bisa menilai kuat atau tidaknya tubuh untuk berkegiatan di sana.

Persiapan setiap orang untuk lari lintas alam berbeda-beda, tergantung fisik dan pengalamannya. Dengan tahu berapa jaraknya, kita bisa ukur kapan mau kenceng kapan mau lambat jalannya.

Kegiatan Lomba lintas alam tidak selamanya mengejar juara, banyak hal yang akan kita dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari mengenal teman baru, saling bantu dalam perjalanan bersama rekan perjalanan dan menikmati hal baru lainnya.

Semoga tips diatas membantu untuk mempersiapkan diri menghadapi kegiatan Lomba Lintas Alam KAPINIS Jungle Trcak Challenge yang di gelar setiap tahun oleh Gerakan Pramuka SMA Negeri 1 Surade. Info selengkapnya ada di website www.kapinis.id

Copyright © 2018 Kapinis Jungle Track Challenge. All Rights Reserved.
TANGKAS - TERAMPIL - GEMBIRA